Manajemen Perkantoran

&

Layanan Bisnis

    Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) merupakan program/kompetensi keahlian yang membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dan kompeten dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran. Lulusan program/kompetensi keahlian ini memiliki kemampuan sebagai Junior Administrative Assistant (Sekretaris Junior), Office Aministrative Staff (Staf Adminstrasi Kantor), Admin Online, Digital Marketer, dan berwirausaha dalam bidang komputer perkantoran, penyedia jasa pemasaran/periklanan (digital marketing), dan event organizer.

VISI MISI JURUSAN PERKANTORAN

VISI:

Menjadi lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dalam bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, yang menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi berstandar internasional dan berbasis industri, serta mampu beradaptasi dengan cepat dalam industri perhotelan dan perusahaan lainnya.

    MISI:

  • Mengembangkan Kurikulum Operasional yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik serta industri perhotelan dan layanan bisnis.
  • Menyelaraskan kurikulum dengan industri terkait melalui kerjasama dengan DU/DI (BLIBLI.COM) dan memperhatikan tambahan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.
  • Membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan berkualitas, profesional, berdaya saing, dan kreatif melalui kurikulum yang dirancang.
  • Melibatkan siswa yang telah kembali dari PKL dan lulusan yang sudah bekerja untuk mendapatkan masukan tentang tren perkembangan teknologi dan kebutuhan industri, guna terus memperkuat kurikulum.

TUJUAN:

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam komunikasi lisan maupun tertulis dengan relasi, dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas menjadi tanggungjawabnya
  4. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan prima terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak
  5. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam bidang keuangan supaya dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan

FASILITAS PEMBELAJARAN

Fasilitas di jurusan Perkantoran SMK PGRI 1 Mejobo Kudus sesuai dengan standar Perusahaan. Diantaranya:

 

  • gedung
  • ruang kelas
  • Lab Perkantoran
  • Ruang Presentasi

STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAH

Materi yang dipelajari pada Jurusan Perkantoran meliputi beberapa Bagian antara lain sebagai berikut:

  • Administrasi
  • Human Resources Development(HRD)
  • Umum

UJI KOMPETENSI

Kompetensi yang akan diujikan pada peserta didik jurusan Perkantoran adalah Sebagai berikut:

  • Kearsipan File
  • Presentasi
  • Menjawab Telfon
  • Membuat Surat masuk/keluar
  • Membuat Laporan Dana Kas Kecil

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Praktek kerja lapangan siswa/i Kompetensi Keahlian Perhotelan dilaksanakan selama 6 bulan di beberapa IDUKA diantaranya:

  •  
Scroll to Top