PERHOTELAN
Perhotelan adalah bidang ilmu yang berhubungan dengan manajemen hotel, aspek pariwisata dan manajemen bisnis juga menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan. Khususnya dalam perencanaan, produksi dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi. Jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang gemar akan kebersihan, suka dengan kerapihan dan ingin mempelajari bahasa asing.
VISI MISI JURUSAN PERHOTELAN
Visi:
Mewujudkan Insan Pariwisata Pada Bidang Perhotelan Yang Terampil, Kreatif, Inovatif dan Mampu Berkarir di Industri Global.
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan dan keterampilan perhotelan kepada siswa agar mampu mengembangkan bidang ilmu perhotelan yang bermanfaat.
- Menyelenggarakan pendidikan kepada siswa dengan cara mengusahakan dan memajukan ilmu pengetahuan tentang perhotelan secara profesional dan bertanggung jawab.
- Menciptakan kerjasama dengan berbagai pihak secara berkelanjutan guna memajukan pendidikan dan keterampilan perhotelan yang memiliki daya saing dalam berkarir di tingkat global.
Tujuan:
1.Terwujudnya sekolah sebagai pusat keunggulan.
2.Terbentuknya SDM yang memiliki nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.
3.Terbentuknya kualitas keprofesionalan secara berkesinambungan serta mengembangkan strategi-strategi yang digunakan.
4.Terbentuknya warga sekolah yang memahami danmemiliki mindset vokasi.
FASILITAS PEMBELAJARAN
Seluruh fasilitas di jurusan Perhotelan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus sesuai dengan standar hotel bintang 5. Diantaranya:
- gedung
- ruang kelas
- Lobby / Resepsionis
- Balroom
- Kitchen
- Beding Area
STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN
Materi yang dipelajari pada Jurusan Perhotelan meliputi beberapa Departemen antara lain sebagai berikut:
- Front Office
- Food & beverage service
- Housekeeping
UJI KOMPETENSI
Kompetensi yang akan diujikan pada peserta didik jurusan Perhotelan adalah Sebagai berikut:
- Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan
- Bekerjasama dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
- Mengikuti Prosedur Kesehatan,Keselamatandan Keamanan Kerja
- Mengikuti Prosedur Kebersihan Tempat Kerja
- Melakukan Prosedur Administrasi
- Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
- Berkomunikasi Melalui Telepon
- Menggembangkan dan Memperbaharui Pengetahuan
Tentang Industri Pariwisata - Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
- Menangani Situasi Konflik
- Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada
Tingkat Operasional Dasar - Menerima dan Memproses Reservasi
- Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
- Menyediakan Layanan Bell Boy/Porter
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Praktek kerja lapangan siswa/i Kompetensi Keahlian Perhotelan dilaksanakan selama 6 bulan di beberapa Tempat diantaranya:
- Hotel Riss Ultima Malioboro Yogyakarta
- Hotel @Hom by Horison Kudus
- Hotel The Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan
- Yogyakarta Marriott Hotel