AKL

PROFIL KOMPETENSI JURUSAN AKL

  1. Profil lulusan yang akan dihasilkan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK PGRI 1 Mejobo Kudus

            Seorang tenaga akuntansi yang tampil smart, teliti, ramah, murah senyum, komunikatif serta kompeten dan profesional

  1. VISI DAN MISI

            VISI :       

            Menghasilkan lulusan yang berkarakter, memiliki softskill dan hardskill sesuai tuntutan industri AKL.

            MISI :    

  1. Membentuk manusia yang berakhlak mulia, smart, teliti, disiplin, loyal dan berkomitmen serta komunikatif
  2. Membekali siswa dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja, untuk menciptakan manusia yang professional dan mandiri serta dapat pula melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi .
  3. Melengkapi kemampuan siswa  baik softskill maupun hardskill melalui pelatihan atau praktek yang diselenggarakan di sekolah maupun di Dunia Usaha dan Industri.
  1. STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN AKL
    1. Simulasi dan Komunikasi Digital
    2. Ekonomi Bisnis
    3. Administrasi Umum
    4. Ilmu Pengetahuan Alam
    5. Etika Profesi
    6. Aplikasi Pengolah Angka / Spreadsheet
    7. Akuntansi Dasar
    8. Perbankan Dasar
    9. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur
    10. Praktikum Akuntansi Lembaga / Instansi Pemerintah
    11. Akuntansi Keuangan
    12. Komputer Akuntansi
    13. Administrasi Pajak
    14. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  2. SUMBER DAYA MANUSIA

          Kompetensi Keahlian AKL didukung tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 Akuntansi.Tenaga pengajar produktif AKL berjumlah 3  

          orang, Ditambah     tenaga pengajar yang disesuaikan mata pelajaran pendukung sesuai dengan struktur kurikulum 2013 berjumlah 18 orang.

  1. FASILITAS PEMBELAJARAN

            Sarana dan prasarana yang dimiliki Kompetensi Keahlian AKL meliputi gedung, ruang kelas, laboratorium, unit Bank Mini,  dan lain-lain.

  1. Laboratorium Komputer Akuntansi

            Ruangan ber-AC, memiliki 22 unit komputer, 5 unit printer, 1 unit LCD Proyektor .

  1. Ruang Presentasi

           Lengkap dengan Sarana Presentasi dalam ruang ber AC guna melatih keberanian dan kemandirian siswa untuk menyampaikan informasi dengan Bahasa

          yang baik dan benar serta komunikatif dan kreatif

  1. Laboratorium Manual Akuntansi

            Dilengkapi dengan bahan-bahan  praktik manual akuntansi, seperti :

  • Paper test (lembar soal)
  • Work sheet (lembar kerja)
  • Kalkulator
  • Almari perlengkapan
  • Alat tulis menulis
  1. Uji Kompetensi Akuntansi

         Kompetensi Keahlian AKL SMK PGRI 1 Mejobo Kudus bekerjasama dengan LSP P1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus melaksanakan Uji Kompetensi setiap

         tahunnya sebagai sarana nilai tambah bagi siswa yang berguna dalam  menghadapi dunia industri dan era globalisasi. Untuk Uji Kompetensi tersebut,

         peserta yang  dinyatakan  “Kompeten” akan memperoleh “Sertifikat” dari BNSP.

  1. Bank Mini

           Bank Mini sebagai sarana praktek siswa/i dalam bidang Perbankan agar terlatih gemar menabung dan  melakukan praktek pembukuan perbankan dengan

           tertib.

  1. PKL  (PRAKTEK KERJA LAPANGAN)

           Praktek kerja lapangan siswa/i Kompetensi Keahlian AKL dilaksanakan selama 6 bulan di beberapa IDUKA diantaranya:

  • PT. Nasmoco
  • PT Admiral Paragon Jaya Bogor
  • Hotel Riss Ultima Malioboro Yogyakarta
  • Hotel @Hom by Horison Kudus
  • PT Gunung Muria Kudus
  • PT Bumen Redja Abadi Kudus
  • CV Surya Indah Motor Kudus
  • PT Rejeki Berkah Empat Putra Kudus
  • BRI Cabang Kudus
  • Ramayana Mall

 

 

Ketua Kompetensi Keahlian (Ka.Kom.Li)

          1.Tanggung Jawab

            Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya kegiatan pembelajaran kompetensi keahlian dan pengelolaan laboratorium

          2. Wewenang

             Merencanakan dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran kompetensi keahlian    Akuntansi dan Keuangan Lembaga Tugas

             Membuat program kerja (mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan)

             Membuat laporan berkala dan insidental.

            Mengajar minimal 12 jam pelajaran.

            Membantu pelaksanaan 7 K dalam Kompetensi Keahliannya.

            Mengatur urusan adminstrasi meliputi catatan kemajuan siswa dan data penginventarisasian yang ada.

            Melakukan supervisi dan evaluasi kegiatan pembelajaran pada Kompetensi keahlianya.

            Mengkoordinasikan tugas-tugas guru pada kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga

            Membantu Kepala Sekolah dalam peningkatan profesi guru sesuai dengan Kompetensi keahlian.

            Mengkoordinasi penggunaan ruang praktek.

           Mendalami dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kompetensi keahliannya.

           Melaksanakan pengembangan laboratorium.

           Melaksanakan/koordinasi perbaikan dan perawatan fasilitas kegiatan pembelajaran praktek.

           Menentukan kebutuhan bahan dan alat kegiatan pembelajaran praktek..

           Membuat tata tertib laboratorium.

          Bersama Waka Bidang Kurikulum menyusun jadwal kegiatan pembelajaran kompetensi keahlian.