Smartphone dengan sensor termometer? Hal tersebut memang masih terdengar asing karena selama ini kita belum mendapati smartphone yang memiliki sensor termometer built-in. Namun baru-baru ini perusahaan teknologi asal Korea Selatan bernama CrucialTec telah meluncurkan modul sensor termometer berukuran micro pertama di dunia yang dikhususkan untuk smartphone.

Menurut Korean Herald, gadget ini mampu mengukur suhu tubuh seseorang hanya dalam hitungan 0,5 detik dengan menggunakan aplikasi yang terhubung. Dalam hal ini, modul tersebut menggunakan sistem microelectromechanical terintegrasi, yang juga disebut i-MEMS. Dengan modul ini, ia mampu mengukur suhu manusia atau benda antara -40 dan 200 derajat celcius.

Sensor dilekatkan pada bagian dalam smartphone dan ada bagian yang keluar melalui modul di cover belakang. Seluruh setup diimplementasikan sedemikian rupa sehingga nantinya suhu kinerja pada smartphone tidak akan mengganggu pengukuran yang dilakukan untuk mendeteksi suhu manusia. Ini berarti, jika suhu ponsel memanas karena digunakan untuk bermain game atau hal lain tidak akan mempengaruhi pengukuran suhu menggunakan modul tersebut. Satu hal yang spektakuler tentang teknologinya adalah bahwa ini tanpa kontak langsung. Jadi, untuk melakukan pengukuran suhu, Anda tidak memerlukan kontak langsung dengan sensor. Hal ini bisa membantu dalam mengurangi risiko terjadinya infeksi. Untuk saat ini belum ada indikasi kapan teknologi ini bakal diterapkan pada smartphone, namun ada kemungkinan jika sensor ini bakal diusung oleh smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S yang akan datang. Smartphone flagship dari Samsung dikenal memiliki sensor untuk mendeteksi denyut jantung, dan jika sensor ini diusung oleh flagship selanjutnya dari Samsung akan meperlengkap fitur kesehatan pada perangkat tersebut.

Sumber: https://www.beritateknologi.com/modul-termometer-ini-memungkinkan-smartphone-untuk-mengukur-suhu-tubuh-manusia/