Dalam rangka memfasilitasi agar proses pelaksanaan system penjaminan mutu untuk satuan pendidikan berjalan lebih efektif dan efisien, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP).
 
Di dalam aplikasi PMP tersedia kuesioner untuk setiap stakeholder sekolah yang digunakan untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.
 
Aplikasi PMP merupakan pengaya dari Aplikasi Dapodik, maka Aplikasi PMP akan dapat diinstall dan berjalan jika dikomputer tersebut telah ter-install Aplikasi Dapodik. Secara otomatis Aplikasi PMP akan mengambil entitas data pokok dari Aplikasi Dapodik seperti data profil sekolah, PTK, PD dan lainnya. Selanjutnya Aplikasi PMP akan menampilkan daftar pertanyaan/kuesioner untuk masing-masing entitas data tersebut.
 

Cara Install Aplikasi PMP

1. Sebelum mengintall aplikasi PMP anda harus mengunduh terlebih dulu installer PMP, bagi yang belum punya silahkan unduh di http://www.mediafire.com/download/wtgyqyq4590sbe6/pmp_1.2.exe
 
2. Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa aplikasi PMP akan berjalan apabila di komputer / laptop sudah terisntal aplikasi dapodik oleh karena itu untuk menginstall aplikasi PMP harus menggunakan komputer / laptop yang telah teristall aplikasi dapodik.
 
3. Instal apliaksi PMP
a. Buka installer aplikasi PMP yang telah di unduh sebelumnya
b. Setelah terbuka bagian selamat datang klik lanjut
Panduan Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016

c. pada bagian perjanjian persetujuan pilih "saya setuju" kemudian klik lanjut
Panduan Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016

d. pada bagian pilih lokasi tujuan tak perlu di ubah langsung klik lanjut
Panduan Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016

e. pada bagian pilih folder start menu juga tidak perlu di ubah langsung klik lanjut
Panduan Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016

f. selanjunya klik pasang
Panduan Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016

g. tunggu hingga instalasi selesai
Panduan Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016
 
 
h. setelah berhasil instalasi selanjutnya klik selesai dan aplikasi PMP sudah terinstall di komputer / laptop anda.
 

Cara Login Aplikasi PMP

Setelah aplikasi PMP terisntal selanjutnya buka aplikasi tersebut untuk login silahkan gunakan akun dapodik
username : isi dengan email yang dipakai pada aplikasi dapodik
password : isi dengan password yang dipakai pada aplikasi dapodik
 

Cara Menambahkan Pengguna Aplikasi PMP

Setelah berhasil login selanjutnya menambahkan pengguna aplikasi PMP, Proses ini akan menambahkan data menjadi pengguna aplikasi PMP untuk keperluan pengisian kuesioner.
 

Menambahkan Peserta Didik dan PTK

Panduan Penggunaan Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016
 
Untuk menambahkan pengguna Peserta Didik dan PTK silahkan klik menu manajemen pengguna kemudian pilih salin peserta didik untuk menambahkan peserta didik dan salin PTK untuk menambahkan PTK
 
Data peserta didik yang disalin adalah: peserta didik yang telah terdaftar di sekolah telah terpetakan ke dalam rombel kelas di dalam dapodik dan telah memiliki NISN. Sedangkan untuk Data PTK yang disalin adalah PTK yang telah mendapat penugasan di tahun ajaran ini Berstatus sebagai guru (jenis ptk di dapodik = guru) dan telah mengisi email di aplikasi dapodik.  


Menambahkan Pengawas dan Komite Sekolah

Untuk menambahkan pengguna dari Pengawas dan Komite Sekolah silahkan pilih menu tambah kemudian isi form Tambah Pengguna
Panduan Penggunaan Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016
 

Cara Menukar Pengguna Aplikasi PMP

Panduan Penggunaan Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016
Menukar pengguna ini dimaksudkan untuk memilih pengguna (responden) yang akan mengisi kuesioner. Untuk menukar pengguna silahkan pilih menu tukar pengguna, kemudian pilih salah satu pengguna bisa dari PTK atau Peserta Didik, kemudian klik tombol tukar.
Untuk mengembalikan lagi pengguna sebagai operator sekolah silahkan klik menu tukar pengguna kembali kemudian klik tombol kembali menjadi operator sekolah.
Sumber : http://www.guru-up.date/2016/09/panduan-penggunaan-aplikasi-pmp.html