Sebelum membuat game / aplikasi android kita harus persiapkan terlebih dahulu alat dan bahanya, kalau kita tidak punya alat dan bahan, gimana kita mau membuatnya ? wkwkwk ( ibarat mau mandi tapi gak ada air ) 

ALat dan Bahan Untuk Membuat Aplikasi dan Game Android

1. Pertama software yang perlu kita download  adalah Java Development Kit (JDK) jika sobat belom punya JDK  silahkan sobat download di link bawah sini dan kemudian install  : http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html Nanti sobat akan menuju ke halaman Download Oracle lalu pilih “Java Platform (JDK) 8u20″ seperti gambar berikut ( klik yang saya beri tanda panah ):
 
Cara Membuat APlikasi / Game Android Dengan Mudah Banget

2. Kemudian silahkan sobat beri tanda centang pada Accept Licnse Agreement yang berarti sobat menerima dan menyetujui ketentuan dari Oracle dan Java. Kemudian download JDK sesuai dengan Sistem Operasi yang Anda gunakan. kalau untuk windos 32 bit pilih yang
 
Cara Membuat APlikasi / Game Android Tanpa Coding

3. Setelah proses pengunduhan selesai silahkan sobat install ( caranya sangat mudah sobat tinggal klik next, yes , yes dan yes ) kalau masih kesulitan tanya mbah google yah  }

4. Jika sudah JDK kini saatnya kita menjalankan eclips, jika belom punya silahkan download eclips di sini https://www.eclipse.org/downloads/ ,  Pilih yang sesuai dengan Sistem Operasi dan Arsitektur prosesor sobat.
 
Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Eclips

5. Setelah sobat download (Bagi yang belum punya) ekstrak file tersebut kesebuah folder terserah anda dengan aplikasi compreser misalkan WinRar. Lalu jalankan dengan membuka file Eclipse.exe 
 
Cara Simple Membuat Game dan Aplikasi Android

6. Nah nanti setelah Eclipsnya di jalankan akan ada gambar semacam ini, yang artinya dimana anda akan membuat sebuah workspace ( tempat kerja ) yang berfungsi untuk menyimpann project apk yang kita buat.
 
Cara Sederhana Membuat Aplikasi dan Game Android

7. Setelah muncul laman kayak gitu jangan di klik OK terlebih dahulu, tapi kita buat terlebih dahulu sebuah folder yang bernama WORKSPACE ( contonya kayak gambar dibawah ini )
 
Cara Sederhana Membuat Aplikasi dan Game Android Tanpa Koding

8. Setelah itu arahkan eclipsnya ke folder workspace yang kita buat tadi dengan mengklik tombol browse terlebih dahulu lalu ok.
 
Cara membuat game dan aplikasia android dalam 5 menit

9. Setelah foldernya sudah terarah, selanjutnya adalah kita centang use this as the default and do not ask again dan terkahir klik ok
 
Cara Gampang Membuat Game dan APlikasi Android


Jika bentuk eclipsnya sudah seperti itu, maka bearti anda sudah selesai sampai di tahap menyiapkan eclips.

sumber : http://www.masyadi.com/2015/05/cara-membuat-aplikasi-atau-game-android.html