1. Setelah download file R-3.0.2-win.exe, Klik dua kali (double click) file R-3.0.2-win.exe. maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
 

 
statistic r software instal



Setelah itu, lanjutkan jalannya proses instalasi dengan mengikuti Wizard dan menggunakan pilihan‐pilihan default instalasi.

2. Langkah terakhir jika instalasi R telah selesai adalah melakukan pengecekan atau pengujian apakah program R dapat berjalan dengan baik. Lakukan klik dua kali pada shortcut R di Desktop atau pada Start Menu. Jika instalasi berlangsung dengan baik, maka jendela program R akan terbuka seperti yang terlihat pada Gambar.
 

statistic r software download and install



Setelah instalasi selesai kita belum bisa melakukan analisis, walaupun bisa tapi pakai syntax sendiri, jadi disini kita mendownload lagi untuk library/package yang khusus untuk analisis statistik. Yang ane ketahui masih menggunakan R Commander. Cara instalnya bisa langsung dari R, jadi tidak perlu lagi buka websitenya. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Klik packages, terus pilih install package(s). pertama akan muncul pilihan wilayah download, pilih saja Indonesia. Tampilannya sebagai berikut.
 

statistik r software download cara



2. Kemudian muncul pilihan packages yang akan diinstal.
 

statistik r software download langkah



Pilih rcmdr dan plugin-nya. Silahkan pilih pluginnya sesuai kebutuhan. Berikut sedikit gambar plugin tersebut.

3. Setelah semua selesai, kita coba buka R commander. Caranya packages terus pilih load packages kemuadian pilih rcmdr. Sesuai gambar ini.
 

statistic r software download instal cara



4. Apabila hasilnya seperti ini maka install sudah sukses.
 

statistic r software download installation



5. Apabila masih belum bisa dan ada tulisan missing maka coba install yang missing tersebut dengan cara yang diatas,cari sesuai nama yang hilang. Kalau belum bisa restart computer. Lalu dibuka kembali.


Sekian sedikit informasi awal untuk proses instalasi program R khususnya R commander, selanjutnya insya allah akan dibahas lebih lanjut mengenai R commander ini untuk analisis statistik.